Outlet Berita Konservatif, Dituduh Melakukan Kebohongan Pemilu, Penyangkalan Udara

Pengusaha Mike Lindell muncul di jaringan kabel Newsmax bulan lalu dan melontarkan teori konspirasi tak berdasar yang menyalahkan perusahaan mesin pemungutan suara atas penipuan dalam pemilihan presiden 2020.

Setelah menonaktifkan mikrofon Lindell, pembawa berita Newsmax memberi tahu pemirsa bahwa klaim pendiri My Pillow Inc tidak berdasar dan tidak diverifikasi. Pembawa berita kemudian membaca pernyataan yang disiapkan yang mencakup: “Newsmax menerima hasil (pemilihan) sebagai legal dan final.”

Lindell, sekutu bersemangat calon presiden Donald Trump, menolak untuk membatalkan topik pembicaraan, dan pembawa berita menyerbu di tengah wawancara.

Pemeriksaan realitas di udara menyoroti tren baru di media konservatif: Dalam upaya nyata untuk meminimalkan tanggung jawab atas pencemaran nama baik, Newsmax dan beberapa outlet lainnya mengandalkan penafian yang disiapkan atau program tambahan yang direkam sebelumnya untuk menyangkal teori konspirasi pro-Trump yang dikemukakan oleh para tamu dan host.

Pakar hukum mengatakan praktik ini, juga digunakan dalam beberapa bentuk oleh One America News Network (OANN) dan jaringan TV dan radio konservatif lainnya, merupakan tanggapan atas tuntutan hukum yang baru-baru ini diajukan atau diancam oleh Dominion Voting Systems Inc dan Smartmatic Inc, dua perusahaan teknologi pemilu yang menjadi sasaran. oleh ahli teori konspirasi pro-Trump.

Seorang juru bicara Newsmax menolak berkomentar. OANN tidak menanggapi permintaan komentar.

Gugatan tersebut dapat menguji keefektifan penafian pada liputan berita secara lebih luas, serta minat media konservatif terhadap tamu dan pembawa acara yang membuat klaim tidak berdasar tentang masalah-masalah penting, kata para ahli hukum. Gugatan itu juga menimbulkan “ancaman eksistensial” bagi jaringan yang lebih kecil, yang tidak mampu membayar putusan besar atau penyelesaian, kata sejarawan Universitas Columbia Nicole Hemmer, penulis buku tentang media konservatif.

Floyd Abrams, seorang pengacara media terkemuka dan advokat Amandemen Pertama, mengatakan penafian bisa sangat berguna dalam memperkuat argumen bahwa jaringan tersebut “hanya membawa pandangan” pengganti Trump, daripada bertindak dengan niat jahat terhadap Dominion dan Smartmatic.

Uang besar dipertaruhkan. Pada 4 Februari, Smartmatic menggugat Fox News, perusahaan induk Fox Corp, mantan pengacara Trump Rudy Giuliani dan lainnya, mengklaim Smartmatic secara keliru dituduh mencurangi pemilihan untuk mendukung Presiden Joe Biden. Perusahaan sistem pemungutan suara meminta ganti rugi lebih dari $ 2,7 miliar dari jaringan dan tuan rumah atau tamunya.

Fox tidak menjalankan penafian, mengambil pendekatan yang berbeda. Dalam kasus peliputan Smartmatic, jaringan tersebut menayangkan rekaman wawancara selama tiga menit dari seorang ahli yang menyatakan skeptis tentang klaim penipuan pemilu. Segmen tersebut berjalan tiga kali pada bulan Desember. Ini pertama kali ditayangkan beberapa hari setelah Smartmatic menuntut agar Fox mencabut pernyataan palsu yang dibuat di acaranya, dan beberapa minggu setelah pernyataan itu awalnya disiarkan.

Fox tidak menarik apapun. Seorang juru bicara Fox menunjuk ke contoh pada November dan Desember ketika jaringan melaporkan kurangnya bukti di balik tuduhan penipuan pemilih.

“Jika Amandemen Pertama berarti apa-apa, itu berarti Fox tidak dapat dimintai pertanggungjawaban karena melaporkan dan mengomentari tuduhan yang bersaing dalam pemilihan yang diperebutkan dengan sengit dan secara aktif berperkara,” kata jaringan itu bulan lalu setelah mengajukan mosi untuk membatalkan gugatan Smartmatic.

Dalam pengajuan itu, Fox mengatakan telah mengundang Smartmatic untuk muncul di jaringan untuk mengatasi tuduhan yang dibuat oleh pengganti Trump, dan Smartmatic menolak.

Seorang pengacara Smartmatic menolak untuk mengomentari undangan tersebut.

Dominion telah mengajukan tuntutan hukum pencemaran nama baik terhadap sekutu Trump, termasuk Giuliani dan Lindell, sebagian berdasarkan pernyataan mereka di jaringan dan media sosial. Dominion belum menggugat jaringan mana pun tetapi penasihat hukum perusahaan, Tom Clare, mengatakan kepada Reuters “akan ada tuntutan hukum tambahan.” Dominion secara resmi menyarankan jaringan media sosial untuk menyimpan postingan dan data dari Fox, Newsmax, OANN, Trump, dan lainnya, dengan mengatakan itu relevan dengan klaim yang menunggu dan akan datang.

Giuliani tidak membalas permintaan komentar tetapi mengatakan kepada Reuters pada Januari bahwa komentarnya tentang Dominion secara konstitusional dilindungi kebebasan berbicara. Lindell mengatakan kepada Reuters bahwa dia “senang” bahwa Dominion menggugatnya, karena itu akan memungkinkan dia untuk mencari bukti dari perusahaan. Dia berkata bahwa dia berencana untuk melawan Dominion karena mencoba membungkamnya.

Adapun jaringan, penasihat Dominion Clare dan pengacara Smartmatic mengatakan penyangkalan dan kontra-argumen datang terlambat.

Sumber : Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *